Stop Bullying!

Stop Bullying!

Dizaman yang semakin modern ini, dunia pendidikan telah banyak mengahadapi masalah. Salah satunya adalah masalah bullying yang terjadi disekolah-sekolah. Bullying sendiri berarti sikap mengganggu orang lain secara berulang-ulang untuk menyakiti korban secara fisik maupun mental.

Bullying biasa terjadi karena masalah sepele. Contoh bentuk bullying dalam bentu fisik (menganiaya, memukul, menampar) yang bias merugikan orang lain. Adapun bullying dalam bentuk mental (mengancam, mengintimidasi, mengejek, memalak, mengucilkan).

Dampak dari tindakan bullying sangat beresiko. Diantaranya selalau merasa takut dan tidak nyaman, takut pergi ke sekolah, merasa dikucilkan, direndahkan harga dirinya. Bahkan tindakan bullying dapat menyebabkan depresi dan stress yang berujung bunuh diri.

Upaya pencegahan bullying yang pertama berani melawan, agar mereka tidak merasa paling berkuasa dan bertindak sesuka mereka. Kedua, percaya diri dengan percaya diri orang lain tidak mudah menjatuhkan harga diri kita. Ketiga, lapor kepada bapak/ibu guru dan orang tua agar mereka bisa mengawasi dan menasehati bahwa tindakan yang mereka lakukan salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *