Inspirasi Pembelajaran Menyenangkan

Inspirasi Pembelajaran Menyenangkan

Kurikulum yang baru menuntut pelaksanaan pembelajaran tak lagi berpusat pada guru, namun berpusat pada siswa. Siswa dituntut aktif selama pembelajaran. Namun, dalam pelaksanaannya tak semudah itu. Supaya tercipta pembelajaran yang menyenangkan perlu peran guru supaya siswa termotifasi untuk mlaksanakan pembelajaran aktif. Berikut ini beberapa inspirasi untuk menciptakan pembeajaran menyenangkan.

Membuat Peace Post Card

Saara Suaib Hanafi, seorang guru Bahasa Inggris di SMP Al-Azhar 9 Bekasi berhasil menciptakan metode mengajar unik dan inovatif. Metode tersebut disebut dengan Peace Post CardPeace Post Card adalah terobosan yang dilakukan Saara dalam dunia belajar di Indonesia. Setiap siswa diberikan kartu seperti kartu pos yang nantinya akan mereka tuliskan pesan perdamaian. Di sini, siswa diajarkan untuk mampu menyampaikan pendapat. Kemudian hasilnya akan dipresentasikan dengan siswa di luar negeri melalui aplikasi Skype. Perlu dukungan teknologi untuk melaksanan metode ini atau sedikit kreativitas dari guru untuk dapat menerapkannya.

Permainan

Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) identik dengan hafalan yang banyak. Guru SMK Muhammadiyah Surakarta memberikan materi PKN yang berisi 37 pasal seperti bermain Monopoly. Namun, bedanya adalah kertas yang digunakan lebih besar ukurannya dan bisa ditempelkan pada papan tulis ukuran kecil. Siswa ada yang berperan sebagai fasilitator, narasumber, penonton, dan pemain. Hasilnya, siswa dapat menghafalkan isi kandungan pasal-pasal melalui kartu masalah dan kartu sanksi yang dibuat.

Multimedia Interaktif

Di era digital seperti sekarang ini, pemanfaatan multimedia sebagai alat bantu cukup mudah dan menarik. Nura Uma Annisa, guru Taman Kanak-kanak (TK) Al Azhar 22, Semarang berhasil menerapkan multimedia pembelajaran interaktif. Nura menghasilkan karya animasinya sendiri. Mulai dari pembuatan materi melalui merekam suaranya sendiri, pembuatan video, sampai dengan pembentukan gambarnya. (Sumber: tkalazhar22.com).

Metode ini dapat diadaptasi dengan beberapa modifikasi untuk menerapkannya pada jenjang yang lebih tinggi.

Alat Peraga

Sebagian besar siswa menganggap pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang paling sulit. Namun  Juli Eko Sarwono guru Matematika di SMP 19 Purworejo mampu mengubahnya menjadi pelajaran yang menyenangkan. Ia menerapkan metode belajar yang cukup unik dengan alat peraga, misalnya motornya. Motor tersebut dimasukkan ke kelas hanya untuk sebagai contoh dalam materi tabung dan lingkaran. Nilai para siswa di sekolahnya pun meningkat dengan penerapan metode tersebut. Kita dapat menggunakan alat peraga sesuai dengan kebutuhan dan ada di sekitar kita.

Menggunakan lagu

Satu lagi mata pelajaran yang tergolong dibenci siswa yaitu kimia. Menghafal tabel periodik unsur yang dipenuhi huruf dan angka memang tidak mudah. untuk menyiasatinya, salah seorang guru di luar negeri membuat jembatan keledai untuk mempermudah siswanya dalam menghafal. Ia menggunakan lirik lagu Bad Romance milik Lady Gaga untuk menyusun tabel periodik unsur.

Tidak ada salahnya untuk menerapkan metode ini. Selain pelajaran menjadi menyenangkan, tujuan pembelajaran tercapai.

 Meme

Meme banyak digunakan sebagai media hiburan bahkan kritik sosial. Sifatnya yang mudah ditangkap isinya ketika dibaca. Kelebihan ini dapat diadopsi menjadi media yang menyenangkan. dalam pembelajaran (Sumber: cdns.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *