Maksimalkan Gadget Sebagai Teman Belajar

  • Smartphone yang Multitasking

Smartphone tidak melulu digunakan untuk menggunakan sosial media dan bermain game. Kini smartphone bisa digunakan untuk belajar. Kemampuan smartphone yang multitasking dapat membantu kita untuk belajar. Kita bisa mengakses berbagai macam fitur, fungsi, dan aplikasi pada saat yang bersamaan ketika ingin memecahkan masalah yang ditemukan saat belajar.

Smartphone berguna untuk mencari informasi baru, dengan memanfaatkan fitur browser. Misalnya, istilah-istilah asing, rumus-rumus yang rumit, dan sebagainya. Tapi perlu diingat, informasi tersebut harus berasal dari sumber dan situs yang bisa dipercaya.

Beberapa smartphone sudah memiliki kalkulator scientific, misal iPhone. Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu mematikan lock rotate dari iPhone. Setelah lock rotate tidak berfungsi, masuk ke dalam aplikasi kalkulator kemudian posisikan iPhone dalam kondisi horisontal. Secara otomatis, tampilan kalkultor akan menunjukan mode scientific.

Aplikasi-aplikasi yang dapat membantu seperti GradeUp, Ruangguru, dan Quipper pun bisa diunduh di perangkat ini. Aplikasi tersebut membantu pengguna untuk belajar di mana pun dan kapan pun. Selain itu, tidak perlu bersusah payah mencari jawaban jika ada kesulitan, pengguna bisa langsung bertanya lewat aplikasi yang digunakan.

 

  • Keyboard Projector

Mengetik kini tidak terpaku harus menggunakan keyboard fisik. Keyboard projector bisa digunakan sebagaai pengganti keyboard konvensional. alat ini akan menampilkan keyboard virtual dengan menggunakan laser khusus.

Kelebihan dari keyboard ini adalah bisa dibawa ke mana-mana dan tidak memerlukan ruang yang besar untuk menyimpannya. selain itu, keyboard projector ini bisa terhubung dengan tablet sehingga mengerjakan tugas dengan tablet akan menjadi lebih mudah.

Keyboad projector juga bisa diatur untuk pengaturan keyboard yang berbeda. Tidak hanya qwerty, tetapi bisa juga menggunakan layout bahasa lain seperti Bahasa Mandarin, Arab, dan bahasa lainnya.

  • Voice-activated Personal Assistant

Gadget yang satu ini sangat membantu untuk Anda fokus belajar. Adanya Amazon Echo di kamar, maka suasana kamar bisa diatur sedemikian rupa untuk menghibur dan membuat nyaman saat belajar. Amazon Echo dapat terhubung dengan smartphone yang Anda miliki karena perangkatnya yang sudah mendukung koneksi WiFi dan Bluetooth.

Anda bisa mendengarkan lagu kesukaan dengan memberikan perintah secara verbal. Perintah akan langsung dideteksi oleh Amazcon Echo, yang kemudian secara otomatis akan memutarkan lagu tersebut.

Jadi, memang benar jika ada anggapan fungsi utama gawai yang kita miliki seharusnya tidak hanya sebagai alat komunikasi, tapi juga mempermudah dalam mengerjakan sesuatu, termasuk belajar. Bila dimanfaatkan dengan tepat, maka teknologi bisa membantu proses belajar tentang hal-hal baru.

 

Sumber : https://daily.oktagon.co.id/maksimalkan-gadget-sebagai-teman-belajar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *