peringatan hari guru

Peringatan hari guru di Indonesia diperingati setiap tanggal 25 November. Sedangkan peringatan hari guru seluruh dunia dilaksanakan setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994. Hari peringatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada para guru dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi di masa depan ditentukan oleh guru. Tak sekadar menyampaikan ilmu, mereka berperan membentuk karakter siswa.

Peringatan hari guru di SMK Bina Nusantara diawali dengan upacara bendera. Sedikit berbeda dengan upacara bendera biasanya, kali ini yang bertugas sebagai petugas upacara adalah bapak ibu guru. Meskipun sepanjang upacara berlangsung basah oleh gerimis, namun tidak menyurutkan semangat peserta upaca. Upacara berlangsung khidmat, dan berubah menjadi sedikit haru saat lagu hymne guru dinyanyikan.

gb1

pengibaran bendera

Hymne Guru

Cipt, Sartono

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu
Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa..

Lagu tersebut selalu berhasil menyentuh hati, bahkan tak sedikit yang berurai air mata.

Setelah upacara usai, acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah oleh kepala sekolah kepada bapak ibu guru sebagai penghargaan atas jasa-jasa mereka. Acara juga dimeriahkan oleh Astra Honda Siliwangi dengan kegiatan service motor murah untuk masyarakat di lingkungan sekolah.

Acara masih belum berakhir. Beberapa siswa memberikan persmbahan bagi bapak ibu guru dengan membacakan puisi atau menyanyi. Para siswa sangat antusias, apalagi saat menyaksikan lomba yang khusus dibuat untuk bapak ibu guru.

 

Akhirnya acara berakhir dengan sungkeman siswa kepada para guru guna mengucapkan terimakasih maupun memohon maaf.

Sekali lagi, selamat hari guru! Terimakasih guru-guruku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *