GERHANA BULAN TOTAL 31 JANUARI 2018

GERHANA BULAN TOTAL 31 JANUARI 2018

Dalam hitungan hari kita akan menyaksikan gerhana bulan total. Tepatnya pada tanggal 31 Januari 2018. Indonesia adalah salah satu lokasi yang paling baik untuk menyaksikan peristiwa langka yang terjadi pada satu-satunya satelit alami Bumi kita ini.
Gerhana bulan terjadi saat keseluruhan wajah Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Peristiwa itu terjadi ketika Bumi berada diantara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus. Dengan kata lain gerhana bulan terjadi saat bulan purnama. Tetapi, tidak setiap bulan purnama terjadi gerhana Bulan.
Yang membuat menarik adalah pada tanggal 31 Januari 2018 akan terjadi gerhana Bulan total yang memiliki keistimewaan sebagai berikut :
1. Terjadi Supermoon
Gerhana Bulan pada tanggal 31 Januari 2018 bertepatan pula dengan peristiwa Supermoon yaitu jarak terdekat Bulan dengan Bumi, artinya saat terjadi gerhana Bulan, Bulan akan terlihat lebih besar dan terang di langit malam.
2. Terjadi saat Blue Moon
Blue Moon artinya Bulan biru, namun ini bukan berarti bahwa bulan memiliki warna biru, itu hanya sebuah istilah untuk Bulan purnama yang langka dan hanya terjadi setiap 2,5 tahun sekali. Dinamakan Blue Moon karena sinar Matahari terdiri dari berbagai frekuensi. Saat sinar matahri menerobos atmosfer kita, cahaya berfrekuensi tinggi. Penghamburan cahaya berfrekuensi tinggi ini menyebabkan langit berwarna biru di kala siang hari.
Selamat menyaksikan peristiwa menarik di langit Indonesia pada tanggal 31 Januari 2018

Saya adalah orang yang sangat menyukai pelajaran matematika dan paling suka memanfaatkan waktu luang untuk tidur, khususnya tidur siang,...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *