Kewajiban Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu merupakan salah satu hal yang utama dalam agama islam, islam memandang menuntut ilmu sebagai bagian dari ibadah yang diharuskan bagi segenap kaum muslimin dimanapun berada. Menuntut ilmu juga sejatinya menjadi pembeda antara seorang yang berilmu dengan seorang yang bodoh.

Banyak sekali hikmah yang bisa dipetik dalam menuntut ilmu. Contoh kecil, dalam menuntut ilmu, seseorang secara tidak langsung harus keluar dari tempat tinggalnya guna mencari tempat untuk menimba ilmu, maka pasti dalam perjalanan akan mendapati pelajaran dan pengalaman yang tidak akan didapatkan apabila hanya berdiam diri di rumah.

Contoh lain, seorang yang menuntut ilmu juga berpotensi besar memiliki lingkungan pertemanan yang baik dan jauh dari kata hura-hura. Ini barangkali tentu menjadi semacam oase di zaman sekarang yang sudah penuh dengan hal yang pada hakikatnya tidak berguna.

Ada satu hal yang menurut saya salah dalam pola pikir kebanyakan masyarakat kita tentang menuutut ilmu, dan saya kira pola pikir ini termasuk fatal apabila tidak dibenahi. Pola pikir yang salah ini adalah kebanyakan orang menganggap bahwa menuntut ilmu harus yang bisa menghasilkan uang banyak dimasa mendatang.

 

Tentu tidak jarang kita dengar ucapan seperti ini “Sekolah yang tinggi nak, biar dapet pekerjaan yang layak” atau “Jangan berhenti sekolah! nanti kamu nggak bisa nyari duit”.

Nah, kata-kata diatas apabila dipikirkan lebih dalam setidaknya mengandung 2 arti yang salah.

Yang pertama, para orang tua dan anaknya menuntut ilmu dengan niat yang tidak murni menuntut ilmu, melainkan agar mudah mendapat pekerjaan. Kemudian yang kedua adalah, para orang tua masih menganggap bahwa sekolah adalah segalanya, padahal tidak seperti itu.

Jadi, yang ditakutkan adalah apabila ini berlanjut anak-anak menjadi pribadi yang tidak percaya diri dan tidak ter-asah keterampilan hidupnya. Tentu ini yang tidak kita inginkan bersama. Sehingga seyogya nya para orang tua meluruskan niat mereka begitu juga anaknya dan mulai menuntut ilmu dengan dasar dan niat yang benar.

Pemaparan diatas adalah sekelumit unek-unek saya tentang menuntut ilmu yang banyak di salah artikan oleh kebanyakan orang, semoga bisa menjadi renungan bersama.

Sumber : https://www.bagi-in.com/kewajiban-menuntut-ilmu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *