Bahaya Minum Sambil Berdiri

Bahaya Minum Sambil Berdiri

Posisi paling aman ketika sedang minum adalah saat kita sedang duduk. Ketika duduk sebenarnya saraf saraf tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima air yang masuk dari berbagai jenis minuman yang berbeda. Selain karena alasan kesehatan, Posisi duduk ketika sedang minum juga sangat berhubungan dengan etika kesopanan dan sebagai gaya hidup sehat yang seharusnya ditingkatkan dalam hidup bermasyarakat.

Inilah alasan mengapa minum sambil berdiri berbahaya bagi kesehatan tubuh :

  1. Sakit perut

Ketika seseorang minum sambil berdiri, Maka tenggorokan mengalami penyempitan dan berkerut yang dapat mempersulit makanan untuk digiling hancur dengan lancar pada jaringan pencernaan. Kondisi ini menyebbakan rasa nyeri pada bagian perut.

  1. Keseimbangan tubuh terganggu

Minum sambil berdiri dapat menyebabkan jaringan organ pada saraf pusat akan tertekan dan dipaksa untuk terus bekerja keras menstabilkan kondisi tubuh yang tanpa andaa sadari dalam keadaan yang tegang.Akibatnya saraf saraf tubuh dalam kondisi stres dan memicu munculnya disfungsi saraf.

  1. Perut kembung

Kebiasaan minum sambil berdiri menyebabkan air langsung masuk kedalam tubuh tanpa melewati dinding usus dengan baaik dan mengalir terlalu cepat. Kondisi ini membuat seseorang mudah terserang perut kembung. rasa tidak nyaman pada perut dan muncul rasa ingin muntah.

  1. Filter penyaringan dalam ginjal tertutup

Kebiasaan minum sambil duduk dapat menyebabkan filter penyaringan dalam ginjal jadi tertutup, Sehingga air akan langsung mengalir menuju kandung kemih dan tidak melewati proses penyaringan terlebih dahulu dijaringan ginjal. Kondisi ini mempermudah terjadinya penumoukan berbagai kotoran dalam saluran ureter yang bisa mengakibatkan gangguan organ ginjal.

  1. Luka pada lambung

Pada saat minum saambil berdiri kondisi air yang masuk kedalam lambung secara tiba tiba akan mengalir secara tidak merata dan menyebabkan makanan dalam lambung sulit untuyk dicerna , Hal ini dapat melukai dinding lambung dan membuat luka yang memicu seseorang mengalami peradangan lambung yang nantinya bisa meningkatkan kadar asam lambung dalam lambung.

  1. Saraf kelana terganggu

Seseorang yang tidak mau merubah kebiasaan buruknya untuk tidak lagi minum sambil berdiri, Maka akan berdampak buruk bagi jantung, yaitu menyebabkan saraf kelana atau vagal inhibition terganggu, Yaitu terjadi refleksi saraf yang disebabkan oleh reaksi tiba tiba dari saraf kelana (saraf otak yang kesepuluh) yang tersebar dihampir semua lapisan endotel yang mengelilingi jaringan organ usus kecil dan besar.

 

Bahaya minum sambil berdiri tidak hanya menyerang kaum dewasa tetapi juga anak anak. Sangat penting untuk memberikan pengertian dan pengetahuan tentang bahaya minum sambil berdiri pada usia dini, Agar di usia dewasanya nanti mereka telah memahami dengan benar bahwa minum sambil berdiri adalah aktivitas yang tidak baik bagi kesehatan.

 

(Sumber : https://halosehat.com/gaya-hidup/kebiasaan-buruk/bahaya-minum-sambil-berdiri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *