7 Cara Merawat Gadget

1. Roller Pembersih Pakaian

Roller pembersih pakaian

Roller pembersih pakaian juga bisa membantu menyingkirkan debu atau bulu yang menempel pada speaker komputer ataupun portabel kamu. Selain membuat tampilan speaker kamu kinclong, dalam beberapa kasus dapat meningkatkan kualitas suara.

2. Bersihkan Earphone dengan Sikat Gigi

Bersihkan earphone dengan sikat gigi

Masa kamu pede sih pakai earphone yang kumel? Nah, untuk menyingkirkan kotoran yang terkumpul dalam grille headphone, gunakan sikat gigi. Caranya, tempatkan selembar kertas atau tisu di atas meja, pegang earphone dengan grille menghadap ke bawah dan bersihkan secara hati-hati dengan sikat gigi. Selain itu, kamu juga bisa membersihkan seluruh bagian smartphone khususnya di celah-celahnya menggunakan sikat gigi.

3. Bersihkan Kabel dengan Penghapus

Bersihkan kabel dengan penghapus

Baik itu kabel data USB, charger, maupun earphone jika dibersihkan dengan zat cair justru membuat jadi lengket dan menyebabkan gangguan pada fungsi perangkat. Cara alternatif untuk membuat kabel tampak baru lagi yaitu dengan gunakan penghapus pensil yang terbuat dari karet asli.

4. Sikat Interdental untuk Membersihkan Jack Headphone

Sikat interdental untuk membersihkan jack headphone

Sikat interdental ini adalah sikat untuk membersihkan sela-sela behel. Namun, ukurannya juga cocok untuk membersihkan lubang headphone kamu. Sebelum mulai membersihkan, pastikan perangkat smartphone, tablet, maupun laptop benar-benar sudah dimatikan ya.

5. Pita Sticky atau Selotip untuk Membersihkan Keyboard

Selotip untuk membersihkan keyboard

Coba perhatikan keyboard komputer kamu, pasti berdebu kan? Langkah mudah untuk membersihkan keyboard secara efektif adalah dengan menggunakan selotip. Selotip dapat mengangkat debu-debu yang menempel di keyboard kamu. Nah, kalau sudah bersih, tangan kamu pasti jadi lebih nyaman kan saat mengetik.

6. Bersihkan Layar Gadget Menggunakan Kain Microfiber

Bersihkan layar gadget menggunakan kain microfiber

Barangkali kamu belum mengenal apa itu Microfiber. Ini dibuat dari serat sintetis yang diproses tanpa menggunakan bahan kimia. Serat dibagi berkali-kali sehingga ukuran diameternya lebih kecil dari rambut manusia sehingga kain microfiber mampu membersihkan hingga menjangkau daerah yang tersembunyi bahkan di celah-celah permukaan. Bagus sekali untuk digunakan membersihkan layar komputer.

7. Bersihkan Layar Smartphone atau Tablet dengan Kertas Biasa

Bersihkan layar smartphone atau tablet dengan kertas biasa

Tahu kah kamu, kertas sangat bagus untuk membersihkan kaca layar. Bahkan dapat membantu untuk menyingkirkan setiap goresan yang muncul di smartphone atau tablet. Gunakan gerakan memutar, menggosok goresan apa pun dengan kertas, maka goresan akan hilang dalam beberapa menit.

 

Sumber : https://jalantikus.com/tips/cara-merawat-gadget-agar-awet/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *