Tips Membuat Password yang Aman

1. Jangan pakai password di beberapa akun

tips membuat password aman
Image: Pinterest

Sudah membuat password super panjang dan yakin tidak dibobol hacker tapi tetap saja menggunakan password yang sama di beberapa akun. Hal ini tentu saja hal yang sangat sia-sia karena setiap akun harusnya memiliki password autentik sendiri-sendiri. Jadi jangan sampai nih akun-akun pentingmu menggunakan email yang sama.

Menggunakan password yang sama di beberapa akun adalah hal yang sangat salah dan sia-sia. Jika masih mempunyai kebiasaan seperti ini ada baiknya mulai diubah. Coba lah kembali membuat password yang panjang tapi mudah untuk diingat. Jangan menggunakan kutipan populer atau data pribadimu ketika membuat password baru.

2. Buatlah password yang panjang

tips membuat password aman
Image: Medium

Pernah dengar kalau semakin panjang password semakin susah hacker membobol akunmu? Beberapa ahli IT menyarankan untuk membuat password yang lebih panjang. Contohnya kata sandi 9agcZ mambutuhkan waktu 16 menit untuk membukanya sedangkan 9agcZEM7H butuh waktu 26 tahun atau 78 kali lebih lama.

Hindari lah password pendek misalnya saja hanya 5 karakter, terbanyak dong berapa lama hacker bisa membobol akun pribadimu ini. Nggak ada salahnya menambahkan satu karakter di tiap password-mu karena lebih panjang password maka akumu lebih terproteksi!

3. Coba membuat password dengan kalimat

tips membuat password aman
Image: Pinterest

Seperti yang sudah dibahas di atas, semakin panjang password semakin baik. Tapi tentu saja nggak semua orang bisa mengingat kata sandi yang super panjang. Cara mudahnya cobalah membuat password dengan sebuah kalimat sehari-hari untuk lebih mudah untuk diingat.

Misalnya saja SayaBeliRumah300Juta atau KerjaDiShopBackMulaiTahun207. Hal-hal sederhana ini pasti bisa kamu ingat kan, langkah selanjutnya kamu bisa memendekan kata sandi dengan hanya mengambil kata depannya saja. Jadi untuk contoh yang pertama password-nya akan berubah menjadi sbr300j dan yang kedua menjadi kdsbmt2017. Nah, password ini pasti susah ditebak karena terlalu random. Dengan membuat kalimat panjang yang dekat dengan keseharian juga akan membantu mengingat dan tidak cepat melupakan password akunmu.

4. Gunakan dobel verifikasi untuk keamanan ektra pada akun

tips membuat password aman
Image: Custom Runs

Hal yang satu ini juga nggak kalah penting karena dengan menggunakan dobel verifikasi kamu artinya menggunakan perlindungan tahap dua. Walaupun sudah yakin kalau password-mu tidak akan pernah kena hack atau dibobol, nggak ada salahnya untuk menambahkan dobel verfikasi.

Proteksi lebih ini bisa membuat akunmu lebih aman lagi, misalnya saja dengan menambahkan verfifikasi lewat nomer hadnphone di akun-akun pentingmu. Misalnya email, akun belanja online, atau akunmu yang terintegrasi dengan kartu kredit. Selalu pasang verifikasi berlipat ganda untuk akun-akun seperti ini. Kebanyakan akun-akun inilah yang sering menjadi korban hacker.

5. Selalu ubah password berkala

tips membuat password aman
Image: Quest Password

Sama halnya dengan oli mesin yang bisa menjadi keamanan mobil atau motormu, password pada akunmu juga harus diubah secara berkala. Jangan terus menerus menggunakan password yang sama dalam waktu yang terlalu lama. Berilah jadwal setiap 6 bulan sekali untuk mengganti password. Cara yang satu ini akan membuat akun-akunmu menjadi lebih kuat dan tidak bisa dibobol hacker.

 

Sumber : https://www.shopback.co.id/blog/tips-membuat-password-yang-aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *