Pengertian dan fungsi Acess Point

pengertian dan fungsi acces point

Saat ini semua orang di dunia dapat saling berkomunikasi dan terhubung satu antara lain karena adanya sebuah jaringan bernama Internet, Mengingat internet adalah kebutuhan semua orang, terutama bagi mereka yang mampunyai perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, pc dll. Perangkat – perangkat ini memerlukan koneksi internet untuk bisa bekerja secara optimal

Misalnya dalam satu hari kita bisa menghabiskan bergiga-giga kuota internet, maka sudah bisa dipastikan kita bisa menghabiskan banyak biaya untuk membeli kuota internet. Maka banyak orang lebih memilih memasang wifi dan access point dengan alasan biaya lebih murahdan efisien serta koneksi internetnya pun lebih lancar.

pengertian dan fungsi acces point
soure: asus.com

Anda mungkin sudah terbiasa menggunakan accses point untuk menghubungkan beberapa perangakat anda seperti laptop, pc, smartphone ke jaringan internet. Dan mungkin anda tidak tahu secara pasti apa itu accses point apa fungsi accses point dan bagaimana cara kerja accses point, Nah pada artikel ini akan membahas pengertian accses point, fungsi accses point dan bagaimana cara kerja accses point.

Pengertian Access Point

Banyak perusahaan perkantoran perumahan bahkan tempat umum seperti tempat berkumpul anak muda yang menggunakan access point mengingat kebutuhan internet yang semakin meningkat sehingga lebih melilih memasang access point karena alasan penggunaan jaringan nir kabel lebih murah dan praktis dibandingkan menggunakan kabel.

Access point adalah suatu perangakat dalam jaringan komputer yang berfungsi menghasilkan jaringan lokal nirkabel atau WLAN (wireless local area network) accesss point akan dihubungkan dengan router atau hub menggunakan kabel ethernet untuk menghasilkan sinyal di suatu area. Access point terdiri dari antena dan transceiver, access point tidak dapat mengatur aliran data seperti router. Tugas dari accses point sendiri adalah menyambungkan atau menolak suatu perangkat yang mencoba untuk terhubung ke suatu jaringan dengan password yang diberikan oleh si pengguna. Misalnya anda menginginkan di ruang kerja atau di kamar anda ada akses wifi akan tetapi router anda tidak dapat menjangkau ruangan tersebut, Maka anda bisa memasang access point. Dengan access point, maka jangkauan dan jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan akan jauh lebih banyak, Namun anda juga bisa membatasi jumlah pengguna perangkat lokal anda, sebab pengguna harus mengetahui password yang diminta access point untuk masuk ke jaringan lokal anda.

Fungis Access Point

Access point berfungsi mengijinkan atau menolak perangkat yang mempunyai akses wifi untuk terhubung dalam jaringan lokal yang sama. Untuk penjelasan lebih rincinya sebagai berikut:

  1. Sebagai hub accsess point berfungsi untuk menghubungkan jaringan lokal yang menggunakan kabel dengan jaringan yang menggunakan nirkabel (WLAN)

  2. Untuk memancarkan sinyal koneksi data dan internet melalui gelombang radio, jadi semakin kuat sinyal sinyal maka akan semakin baik dan luas pula area jangkauannya.

  3. Sebagai Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)server sehingga dapat memberikan ip address di setiap perangkat yang terhubung.

  4. Sebagai pengman dengan menerapkan fitur keamanan WEP atau WAP yang biasanya disebut shared key-autenthication (akses wifi dengan password tertentu)

Cara kerja Access Point

Access point merupakan gerbang penghubung antara perangkat nirkabel dengan jaringan lokal. Access point bekerja ketika ada perangkat yang mencoba untuk menyambung ke jaringan melalui accses point. Selanjutnya Accses point akan memberi keputusan menerima atau menolak perangkat yang akan terhubung ke jaringan.

source: nesabamedia.com

Kemudian access point akan memeriksa kecocokan sandi antara sandi yang ditentukan oleh perangkat, jika sandi cocok maka access point akan mejalankan tugasnya sebagai DHCP yaitu memberikan alamat ip untuk perangkat.

Setelah perangkat terkoneksi ke access point, maka browser akan mengalihkan perangkat ke halaman dimana perangkat diminta untuk memasukan sandi. Jika ada kecocokan sandi maka access point akan mengizinkan perangkat untuk terhubung ke jaringan.

Nah itu dia teman-teman artikel tentang pengertian, fungsi dan cara kerja sebuah perangkat Access Point. Jika teman-teman sudah mengetahuinya dan ingin memperlajari tentang acces point secara mendalam bisa mencari berbgai artikel tentang acces point ini yang ada diwebsite SMK Bina Nusantara Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *