Profil Jurusan TKJ SMK Binusa Semarang

Setelah lulus smp mau melanjutkan ke smk?

Setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang SMP, Banyak peserta didik yang bingung untuk memilih dimana dia akan melanjutkan pendidikanya, SMA atau SMK?. Kita dapat memilih dimana kita akan melanjutkan berdasarkan tujuan kita selanjutnya yaitu kuliah ataukah langsung bekerja. Jika ingin langsung bekerja, sebaiknya kita memilih SMK, karena di SMK kita akan banyak mempelajari praktek-praktek sesuai dengan kejuruan yang kita pilih. Di SMK sendiri banyak terdapat bermacam-macam kejuruan yang dapat kita pilih sesuai minat dan bakat kita. Salah satu kejuruan yang ada di SMK Bina Nusantara adalah TKJ.

Apa itu jurusan SMK Teknik Komputer jaringan (TKJ)

TKJ merupakan singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan. TKJ adalah kejuruan yang mempelajari tentang instalasi program, perakitan, dan perawatan komputer. Program kejuruan ini merupakan salah satu kejuruan favorit bagi peserta didik baru. TKJ banyak menjadi pilihan bagi lulusan-lulusan baru SMP karena menjanjikan mudah untuk mendapatkan pekerjaan mengingat saat ini perkembangan teknologi sangat pesat sehingga banyak perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidang IT.

Saat ini, hampir di setiap SMK menyediakan program kejuruan TKJ. Hal tersebut menjadikan salah satu faktor tingginya persaingan bagi lulusan di bidang kejuruan ini. Sehingga, sekolah harus benar-benar menyiapkan para peserta didiknya supaya siap untuk bersaing dan bekerja setelah lulus dari SMK.

apa keunggulan dari jurusan TKJ di SMK Binusa Semarang?

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh sekolah-sekolah untuk menunjang kualitas pendidikan untuk membantu para murid untuk mengembangkan kreatifitas dan inovatifnya. Salah satunya adalah dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang sesuai dalam bidangnya. Pada kejuruan TKJ, SMK Bina Nusantara sendiri telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan berskala nasional maupun internasional seperti Exellent Computer, Intel Education, Microtic Academy, Telkom Indonesia dan G2 Academy. Dengan adanya hubungan kerjasama tersebut, pastinya akan sangat menguntungkan bagi peserta didik karena bisa mendapatkan sertifikat-sertifikat dan lisensi yang nantinya akan mempermudah dalam mencari pekerjaan.

Di TKJ SMK Bina Nusantara, banyak sekali kegiatan yang dapat dipilih sebagai pengembangan diri sesuai minat peserta didik seperti robotik, multimedia, coding, dan networking. Bagi siswa yang berkompeten dan terpilih juga bisa mendapatkan kesempatan dibina langsung oleh Excellent Computer untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang berguna untuk membantu peserta didik lebih baik dalam mengembangkan bakatnya.

Itulah sedikit profil tentang jurusan TKJ yang ada di SMK Bina Nusantara Semarang. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan gambaran untuk adik-adik yang ingin masuk ke SMK jurusan TKJ.

One Reply to “Profil Jurusan TKJ SMK Binusa Semarang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *