Pada Tahun Pelajaran 2016/2017 kurikulum yang diterapkan di SMK Bina Nusantara Semarang untuk kelas XI dan XII adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, sedangkan kelas X mulai diberlakukan Kurikulum 2013. Kompetensi Keahlian yang ada meliputi Akuntansi, Garmen / Tata Busana, Teknik Sepeda Motor (TSM) , dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) . Perkembangan teknologi di salah satu bidang akan mempengaruhi bidang lain baik dalam penyediaan produk-produk yang relevan maupun perilaku pemakainya. Kemajuan pesat di bidang teknologi digital misalnya, akan mendorong industri lain  untuk siap menyediakan bahan pendukungnya dan pada gilirannya akan berpengaruh pada pelaku industri (tenaga kerja). Hal ini juga tidak bisa dilepaskan dari tanggung jawab penyelenggara pendidikan untuk turut serta berperan dalam menyiapkan tenaga kerja yang dibutuhkan pihak industri. Idealnya, penyelengara pendidikan (satuan pendidikan) selalu siap mengikuti perkembangan teknologi tersebut dalam menyediakan lulusanna  maka sejak tahun pelajaran 2014/2015 SMK Bina Nusantara telah mengadakan Kelas Binaan Industri pada kompetensi keahlian Garmen. Selanjutnya menyusul pada kompetensi lainnya yang meliputi kerjasama Kelas Binaan industri dengan PT. Astra Honda Motor (AHM) dan Intel Education.

Sarana belajar yang tersedia untuk mendukung KBM diantaranya Lab.Jaringan, Lab.Garmen, Lab. & bengkel TSM, Lab. Multimedia , Lab. Komputer , sarana olahraga, dan sarana kegiatan siswa . Untuk mendukung pengembangan diri siswa diadakan pula kegiatan ekstra kurikuler antara lain Kepramukaan, Tarung Derajad, Volly, Futsal, dan Animasi  . Seiring dengan perkembangan teknologi maka SMK Bina Nusantara  juga telah melaksanakan kegiatan ujian siswa seperti mid semester, ulangan akhir semester sampai dengan Ujian Nasional dengan berbasis computer . Selain itu pada tahun pelajaran ini telah dimulai kelas Rintisan Internasional kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan yang bekerja sama dengan Intel Education, PT.Telkom serta PT.Dinar Tech .

Binusa Semarang

struktur kurikulum