Jika kalian memiliki sepeda motor tentunya tidak asing dengan knalpot, ternyata didalam knalpot itu sendiri banyak komponennya loh walaupun digunakan hanya untuk sebagai pembuangan emisi gas. dan mungkin tidak sedikit kalian yang memodifikasi knalpot sesuai selera kalian tapi kalau belum tahun apa isi dan fungsinya jangan lakukan ya karena berbahaya.
Untuk itu kenali fungsi dan isi knalpot yang ada di sepeda motor kalian, karena dengan tahu fungsi dan isi knalpot maka kalian tidak sembarangan menggantinya yang bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.
Knalpot adalah komponen yang digunakan sebagai bagian dari sistem pembuangan dan digunakan pada berbagai jenis mesin apapun yang bekerja dengan solar atau bensin sebagai bahan bakarnya. Hanya saja, pada mesin-mesin tersebut, knalpot disebut dengan nama cerobong asap, seperti yang bisa Anda lihat pada mesin kapal maupun mesin industri lainnya yang mengeluarkan asap. Nah apa saja isi dari knalpot:
-
HEADER ATAU KEPALA KNALPOT
Fungsi dari bagian knalpot yang satu ini adalah untuk menghubungkan seluruh bagian knalpot dan silinder untuk membuang sisa hasil pembakaran, header ini sendiri biasanya terbuat dari stainless stail, semi stanless dan monel
-
RESONATOR
Resonator ini biasanya dikenal sebagai penyaring yang fungsinya adalah sebagai penyaring suara keras menjadi lembut
-
SILINCER KNALPOT
Silincer adalah ujung dari knalpot yang juga berfungsi untuk meredam suara keras, jadi silincer ini bisa dikatakan sebagai penyaringan yang kedua
-
CHAMBER KNALPOT
Chamber ini sering disebut sebagai perut knalpot yang fungsinya memantulkan gas sisa pembakaran
-
Catalytic converter
Catalytic conventer ini berfungsi mengurangi emisi gas buang dari kendaraan agar lebih ramah lingkungan
Cara kerja dari Catalytic converter sendiri ini adalah dengan menyaring hidrokarbon dan polutan yang lain yang dihasilkan oleh mesin “Catalytic converter terbuat dari logam paladium, jadi ketika gas buang menyentuh logam, reaksi kimia terjadi penghilangan beberapa kandungan atau senyawa yang berbahaya, seperti hidrokarbon,”
Karena knalpot dalam motor ini merupakan salah satu komponen yang penting agar sepeda motor bisa berjalan dengan baik maka jangan sembarangan untuk mengganti knalpot yang tidak standart ya, karena nantinya bisa merusak mesin sepeda motor itu sendiri.
source: gridoto.com